Fakta Tentang Piala Oscar


Penganugerahan Piala Oscar atau Academy Awards pertama digelar di Blossom Room Hollywood Roosevekt Hotel pada 16 Mei 1929. Pemberian penghargaan ini menjadi awal kebangkitan film di Hollywood. Inilah fakta-fakta mengenai Piala Oscar.
Awal Penghargaan 1929 
Artis dan Aktor Terbaik kala itu disandang Janet Gaynor dan Emil Janning. Gaynor berperan dalam film "Sunrise" dan "Seventh Heaven". Dua film yang dibuat 1927 dan "Street Angel" pada 1928. Janning bermain dalam film "The Last Command" dan "The Way of All Flesh."

Film produksi The Warner Bros. "The Jazz Singer" mendapat penghargaan khusus sebagai "pioneering outstanding talking picture, which has revolutionized the industry."

GONE WITH THE WIND Penguasa 1939
-- 1939 menjadi tahun penuh kegembiraan dalam sejara film America dengan kemunculan film klasik "The Wizard of Oz," "Stagecoach" "Mr. Smith Goes to Washington," "Ninotchka," "Wuthering Heights" dan "Goodbye Mr. Chips."

-- Film berdurasi empat jam arahan Victor Fleming "Gone with the Wind," menjadi penyabet penghargaan terbanyak, sekaligus film terpanjang pada waktu itu. Gone With the Wind merupakan film berwarna pertama yang memenangkan best picture. Film ini masuk dalam 13 nominasi dan memenangkan delapan penghargaan (dan dua pujian khusus) --. Penghargaan ini menempatkan film tersebut sebagai pemegang rekor penghargaan Oscar sampai tahun 1957 kala "Gigi" (1957) memecahkan rekornya dengan sembilan penghargaan Oscar.

-- Ini merupakan tahun pertrama pemeran yang berada di puncak merupakan artis asal Britania. Kala itu pendatang baru Vivien Leigh menang atas Scarlett O'Hara dalam "Gone with the Wind," dan Robert Donat meraih penghargaan daam "Goodbye, Mr. Chips."

Penerima Penghargaan Terbanyak
-- Pada 1959 film epik "Ben Hur" memecahkan rekor Academy Award dengan 11 Oscar yang baru disamai setelah empat dekade oleh Titanic pada 1997 dan "The Lord of the Rings: The Return of the King" tahun 2003.


-- Artis Amerika Serikat Meryl Streep memegang rekor nominasi terbanyak yakni 16, termasuk film terakhirnya pada 2009 "Julie & Julia". Dia meraih penghargaan dua kali. Katharine Hepburn mendapat 12 nominasi tetapi meraih empat pernghargaan. Ingrid Bergman meraih tiga Oscar dari tujuh nominasi.

-- Jack Nicholson menjadi aktor pemegang nominasi terbanyak dengan 12 nominasi dan meraih tiga penghargaan. Walter Brennan juga menang tiga penghargaan dari empat nominasi yang ia raih.

Oscar 2010
Pada tahun lalu Aktor terbaik jatuh pada Jeff Bridges dalam "Crazy Heart" dan Sandra Bullock dalam film "The Blind Side."

Kathryn Bigelow meraih director terbaik dalam film "The Hurt Locker," yang juga meraih penghargaan kategori gambar terbaik. Bigelow menjadi pengarah wanita pertama yang masuk Academy Award.

The Hurt Locker" meraih empat penghargaan. Avatar, the 3D arahan mantan suami Bigelow James Cameron meraih tiga penghargaan dalam kategori teknis. 

No comments:

Post a Comment