Tips Mengatasi Rasa Gugup Ketika Presentasi

Tips Mengatasi Rasa Gugup Ketika Presentasi-Tips Mengatasi Rasa Gugup Ketika Presentasi.setiap orang pasti  pernah merasa gugup saat presentasi Entah itu waktu sekolah, kuliah bahkan di kantor. Nah Lantas Bagaimana Mengatasi Rasa Gugup Ketika Presentasi yaudah Kagak usah banyak komat kamit langsung aja berikut ini Tips Mengatasi Rasa Gugup Ketika Presentasi:

1. Semuanya berawal dari persiapan

Apa jadinya jika kita berpergian tanpa ada persepian terlebih dahulu? Mungkin ada barang-barang yang tertinggal. Hal yang sama juga terjadi di banyak kasus, juga di kasus presentasi. Rasa gugup awalnya muncul karena kita tidak tahu atau tidak yakin, apa yang harus disampaikan pada saat presentasi.

Mungkin pembaca perlu mempersiapkan bahan, referensi-referensi penguat, sistematika penyampaian, detail-detailnya dan tentu saja mempersiapkan penguasaan bahan.

2. Atasi dengan pertanyaan

Barangkali pembaca gugup karena suasana forum yang terlalu sepi. Semua pendengar seakan-akan fokus terhadap presentasi pembaca. Dan pembaca tidak tahu apakah mereka paham atau tidak. Jangan berharap setuju, pemahaman mereka terhadap presentasi harus dipastikan.

Coba ajukan pertanyaan kepada mereka, semisal, “Apa kah point ini sudah jelas atau tidak?” Pembaca bisa menanyakan itu juga pada akhir presentasi dan membuka sesi tanya jawab.

3. Kreatif membuat pertanyaan

Kadang-kadang ada karakter audience yang jika hanya disentuh dengan pertanyaan biasa mereka tidak tergerak bertanya. Padahal mereka masih belum cukup paham. Dan pembaca gugup karena hal itu. Coba atasi dengan berbagai pertanyaan yang kreatif. Misalnya: “apakah ada pertanyaan, jika tidak ada saya yang akan bertanya.”

Berikut itu tentang Tips Mengatasi Rasa Gugup Ketika Presentasi yang bisa saya share kali ini semoga bisa bermanfaat buat sobat sekalian

No comments:

Post a Comment